Yuk, Belajar Alat Musik Indonesia Yang Mendunia

Yuk, Belajar Alat Musik Indonesia Yang Mendunia

Banyaknya Adat Istiadat, ragamnya alat musik dari berbagai daerah, serta terdapatnya beberapa suku yang ada sudah banyak di ketahui oleh dunia. Keunikan-keunikan yang dibeikan pada kebudayaan yang ada di Indonesia ini, membuat dunia penasaran akan isi yang terdapat di dalamnya. Tak jarang, para turis yang berkunjung ke berbagai daerah yang ada di Indonesia tak segan-segan untuk mempelajari kebudayaan yang berlaku di setiap daerahnya. Terutama pada alat musik yang dimainkan pada daaerah tersebut.

Dengan bentuk yang beragam, serta banyaknya suara unik yang di tumbulkan membuat beberapa alat musik tradisional di Indonesia di akui keberadaannya di dunia sebagai alat-alat musik yang mempunyai nilai keunikan yang tinggi serta memiliki suara khas dan berbeda dari alat musik yang sudah ada pada umumnya. Nah Sobat musik,sudah tahu belum tentang keberadaan alat musik tradisional Indonesia yang mendunia? hah? Apa? Belummm!!! Bagi kalian sobat musik yang belum mengetahui tentang alat itu, kalian bisa simak berikut ini tentang alat-alat musik tradisional yang memang sudah di ketahui keberadaannya di dunia, serta bisa kalian pelajari juga alat-alat yang kita maksudkan tersebut ya sobat musik.

Alat-Alat Musik Tradisional Yang Mendunia

Inilah macam-macam alat musik tradisional, yang sudah berkembang hingga ke seluruh dunia :

Alat Musik Angklung

Jawa Barat, Sunda, Indonesia. Merupakan tempat asal daripada alat musik Angklung ini. alat yang terbuat dari bambu ini tersusun oleh 2 sampai 4 bambu pada tiap Angklung yang ada. Bunyi yang sangat khas dan juga enak di dengar ini, di dapatkan dari cara “menggoyangkan” alat tersebut, yang menjadikan Angklung ini memiliki suatu ciri khas dalam memainkannya. Permainan Angklung ini biasa di mainkan oleh banyak orang. UNESCO telah mengakui bahwasannya Angklung menjadi salah satu warisan budaya dunia dalam “Representative List Of The Intangible Culture Heritage Of Humanity”.

Alat Musik Gamelan

Pulau Jawa menjadi salah satu pusat dalam alat musik Gamelan ini. alat musik ini mengkombinasikan alat-alat lain diantaranya ; Gambang, Metalofan, Gendang, serta Gong. Gamelan sendiri dimainkan dengan cara memukul menggunakan satu tangan, dan tangan satunya lagi nanti memegang bagian ujung yang di pukul tersebut. Usut punya usut nih sobat, di karenakan suaranya yang lembut dan sangat berciri khas ini, beberapa universitas di luar sana memasukan Gamelan dalam salah satu mata pelajarannya loh. Wah wah wahhhh keren kan sobat. Universitas UCLA (AS), Cambridge Univercity (Inggris), SD-SM (Singapura), merupakan sekolah yang sudah memasukan Gamelan ini menjadi mata pelajarannya loh.wah Kerennnnnnnn loh.

Alat Musik Sasando

Ada yang pernah ke daerah Nusa Tenggara Timur belom ? belum atau sudahnya pasti kalian mengenali alat musik yang satu ini kan sobat musik? Alat musik yang di mainkan dengan cara di petik ini, memiliki bentuk yang unik seperti kerang besar tetapi tengahnya ini diisi oleh bambu besar untuk menyanggah senar yang ada pada alat musik tersebut. Gitar, Biola, Kecapi masih satu rumpun dalam memainkan alat musik tersebut. Mulai terkenalnya di kancah dunia ini bekat adanya Djitron Pah pria asli indonesia ini memainkan Sasando dalam ajang Asia’s Got Talent 2015, hingga pada akhirnya menyebarlah ke seluruh dunia.

Alat Musik Tifa

Mengenal istilah Dari sabang sampai marauke ? nah, istilah itu cocok untuk alat yang satu ini. berasal dari daerah timur tepat di Papua dan Maluku, terbentuknya alat musik Tifa ini. dimainkan dengan cara di pukul dan terbuat dari kayu yang berbentuk tabung ini, memiliki suara yang sangat merdu loh sobat. Biasanya alat ini akan di mainkan dalam upacara adat maupun pertunjukan musik daerah timur sana. Walaupun sama-sama dari timur, namun bentuk tifa papua dan maluku berbeda loh sobat. Jadi jangan salah paham nantinya jika kalian melihat jenis Tifa yang bentuknya berbeda beda yah.

Alat Musik Kolintang

Untuk yang satu ini, Minahasa, Sulawesi Utara yang punya. Memainkan dengan cara dipukul serta terbuat dari kayu ini, pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009. Kurang lebih 3.011 orang telah memainkan alat musik ini secara bersama, serta 1.223 orang memainkan secara massal di Stadion Maesa Tondano, Minahasa. Rekor yang di raih pun mencakup ; Mmeainkan alat musik bambu terbanyak, memainkan alat musik kolintang terbanyak, instrumen kolintang yang indah serta instrumen musik bambu raksa yang telah dimainkan.

Gimana sobat musik, jadi tahu kan alat-alat musik tradisional yang memiliki nilai sebagai salah satu warisan budaya di dunia.