Bergoyang Dengan Alat Musik Organ Tunggal

Bergoyang Dengan Alat Musik Organ Tunggal

Organ Tunggal identik sekali dengan yang namanya Dangdut. Dimana ini masih menjadi salah satu hiburan yang sangat di minati, khususnya di Indonesia sendiri. Raja dangdut dan Ratu dangdut pun sudah banyak di kenal oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Suara yang merdu dari sang Raja Dangdut ( Rhoma Irama) serta di sandingkan dengan lembutnya suara Ratu Dangdut ( Ummi Elvi Sukaesih) makin menambah nikmatanya musik dangdut ini.

Dangdut Music Of My Country sangat tepat sekali di sandingkan dengan negara Indonesia ini. Merdu yang di ciptakan dari berbagai macam jenis alat musik ini mempengaruhi sekali kualitas lagu yang di putarkan. Kendang, Seruling, Gitar/Bass, Organ, Thamborin, Saxophone dll, merupakan alat yang mendukung terciptanya suatu nada seirama yang mengenakan tubuh, sehingga tanpa sadar tubuh bisa ikut bergoyang dengan mendengarkan alunan alat musik ini. Gak mau pulang, maunya di goyang.. salah satu istilah yang sering di gunakan dangduters saat mendengarkan lagu yang sedang di mainkan ini.
Berikut ini, sebagian alat dangdut yang akan kita bahas ke populerannya hingga ke Luar Negeri.

Sejarah Adanya Dangdut

Untuk pertama kali, musik ini datang karena adanya film “Bolywood”di India sana. Yang kemudian di populerkan oleh penyanyi “Ellya Khadam” dengan lagunya Boneka India. 1968 merupakan dangdut tercipta oleh sang Raja dangdut “Rhoma Irama”. Usut punya usut, nama dangdut ini ternyata di ambil dari satu buat alat musik yang bernama Tabla asal india atau juga Gendang di Indonesia. Awalnya, pada lagu Boneka India ini memasukan campuran lagu asal melayu, irama dari padang pasir serta yang utama adalah India yang berbunyi DangDingDut. Yang kemudian agar mudah di ucapkan, dirubahlah namanya menajdi “Dangdut”.

Alat Musik Pada Dangdut

Lagu tidak akan menjadi musik yang enak di dengar tanpa adanya suatu alat musik yang mendukung dari belakang. Begitu pula dengan dangdut, biasanya orang hanya mendengar “ Dangdut Ta-Ta-Ta-Ta” dari sebuah pukulan gendang semata. Namun nyatanya, ada beberapa alat musik yang mendukung di link alternatif sbobet belakangnya, berikut ini diantaranya ;

Kendang atau Gendang

Alat utama yang membuat musik dangdut makin enak di dengar. Memainkan dengan cara di tabu/di pukul dengan tangan kosong menggunakan beberapa irama ketukan, menjadikan suara pada alat musik ini sangat enak di dengarkan. Dalam memainkan ini, seorang penabuh, diharuskan mengetahui irama ketuka yang ada pada musik dangdut tersebut.

Seruling atau Suling

Terbuat dari bambu, yang memiliki satu lubang peniup dan beberapa lobang kecil sebagai kunci not yang akan nantinya di mainkan. Kunci bagusnya permainan ini terdapat pada “pernafasan” dari sang pemain seruling.

Gitar/Bass

Alat ini merupakan alat musik modern sebagai pelengkap dalam pengiringan lagu dangdut yang ingin dimainkan. Permainan gitar yang sangat diminati adalah permainan gitar dari sang Raja dangdut beserta tim Sonetanya. Tk jarang, gitar ini juga digunakan untuk mengisi suatu melodi dalam dangdut.

Organ/Keyboard

Alat ini juga merupak alat pengiring untuk lagu-lagu yang berdinamika slow tempo ataupun lagu-lagu yang bertemakan sedih. Biasanya organ ini di mainkan pada awal lagu /intro serta bisa di mainkan pada akhir lagu. Tergantung aransemen lagu yang ingin dimainkan.

Tamborin/Rompal Pada Kosidahan

Alat yang berbentuk bulat, yang dimana di setiap pinggirannya terdapat ring ring kerecekan, yang ketika di tabuh akan memiliki beberapa perpaduan suara yang ada. Yaitu tabuhan dan juga krecekan jadi satu.

Terompet/Saxophone

Menambahkan alat musik modern tidak juga merubah nilai lagu alami yang ada pada musik dangdut, malah menambah kenikmatan irama yang di dapat. Dengan cara menitup tuts yang ada pada alat tersebut sesuai irama ini juga menambah suara yang bagus serta sedikit memberikan warna pada permainan organ tunggal ini. kualitas ini juga di nilai dari cara pernafasan pada sang pemain.

Sekilas tadi mengenai dangdut beserta sebagian alat yang ada, semoga bisa membantu kalian memahami bahwa dangdut ini juga sangat bisa kita angkat keberadaanya pada dunia. Yuk, lestarikan kesenian yang satu ini. salam dangdut Lovers “Gak mau pulang, maunya di goyang “ hehehe..